Saturday 28 September 2019

Resensi buku "Yuk, Berhijab! "

Minggu ketiga di komunitas ODOP rasa menyerah dan pasrah mulai melanda.  Bagaimana tidak,  aku yang tidak terlalu suka membaca mendapat tantangan menulis resensi buku. Belum lagi diminggu ini hutang tulisanku ada dua.  Kemudian,  agenda di minggu ini yang harus mengawal anak-anak kemah sangat melelahkan.  Belum lagi bermain bersama baby Arkhan, maa syaa Allah lelah sekali emak.

Namun,  aku tak ingin mundur dari komunitas yang sangat positif ini,  tetap saja cari celah untuk tetap menulis.  Dan kali ini aku ingin menulis resensi buku yang berjudul "Yuk,Berhijab!"

Identitas Buku
Judul buku: Yuk,  Berhijab!
Penulis : Felix Y. Siauw
Penerbit: Alfatih Press
ISBN: 978-602-1799-74-1
Tahun Terbit: 2015
Tebal Halaman: 148 Halaman.

Meskipun judul buku ini Yuk, Berhijab.  Secara tidak langsung,  saat membaca buku ini kita tahu bahwa buku ini menceritakan tentang bagaimana seorang wanita berhijrah.  Kenapa  kukatakan berhijrah?  Karena hampir disetiap bab bukan hanya ajakan untuk berhijab garis kecil.  Namun juga berhijab garis besar.

Di buku ini juga menjelaskan secara rinci bagaimana Islam memuliakan wanita dari aturan berpakaian, menutup aurat sampai bagaimana wanita dihormati dengan hijabnya.

Hijab dalam buku ini,  bukan hanya tentang pakaian maupun jilbab yang harus dikenakan oleh seorang muslimah.  Namun,  sampai hal tabarujpun dibahas.  Bagaimana cara ketika seorang muslimah berjalan di tengah-tengah  kerumunan lelaki sampai  dengan makna "berpakaian tetapi telanjang".

Kelebihan buku
Didalam buku ini ada catatan si Benefiko di setiap akhir bab.  Nah ini nih yang membuat buku ini semakin menarik dibaca.  Di cacatan si Benefiko ditampilkan ilustrasi disertai gambar yang membuat jalannya cerita semakin menarik. Kelebihan lainnya di setiap kalimat banyak yang menggugah ghiroh untuk kita mengikuti ajakan sang penulis untuk berhijrah.

Kekurangan buku
Sebagaimana Allah katakan bahwasanya tidak ada yang sempurna di dunia ini.  Begitu juga dengan buku yang telah terbit.  Karena selera pembaca juga berbeda-beda,  kemungkinan besar kekurangan yang dirasa juga berbeda.  Menurutku kekurangan yang ada di buku ini, arti dari setiap ayat yang dimunculkan menggunakan pena warna merah.  Sedangkan kita tahu,  bahwa pena merah tidak bagus untuk kesehatan mata para pembaca.

Secara garis besar,  buku "Yuk,  Berhijab! sangat recomended untuk dibaca bagi muslimah maupun muslim.  Dari berbagai usia. Kenapa yang muslim juga cocok membaca buku ini?  Sebagai tuntunan untuk membimbing Sang Istri maupun anak perempuannya.

2 comments:

  1. Bagus kayaknya ini, Mbk.
    Eh tpi ada tipo.
    Disetiap -> di setiap
    Unjuk -> untuk

    ReplyDelete

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...