Wednesday 11 September 2019

Kapan Mulai Nulis?

Setiap malam kucoba buka-buka isi grup ODOP. Mencoba membaca kata demi kata yang sudah dirangkai oleh teman-teman. Hingga akhirnya, kutemukan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu anggota ODOP.

"Bagaimana mencari ide untuk tulisan kita?
"Bagaimana membagi waktu untuk menulis?


Berbagai jawabanpun bermunculan.

"Pas siang hari kalau dapat ide tulisan, saya masukkan ke sheet Bank Ide yang sudah saya siapkan. Sambil mencatat poin-poin apa yang mau saya sampaikan pada tulisan di note HP/ buku tulis khusus" jawab seseorang.

"Aku bangun jam 3 pagi, paling cepat jam 2 pagi. Lalu kubuka laptop, kumulai baca-baca artikel biar update informasi. Kemudian mulai timbul ide mau menulis tentang apa. Langsung mikirin sedikit kerangkanya. Mulai deh nulis, biasanya selesai sebelum atau sesudah subuh, kemudian diposting" jawab teman lainnya.


Kalau aku kapan?
Bermula memiliki walimurid yang super produktif, aku mulai tertarik di dunia menulis. Karena memang aku suka menulis meski hanya sekedar update status di medsos. Namun, tulisanku jauh dari kata benar menurut KBBI. Tapi ilmu nekatku muncul dengan sendirinya.

Ketika kuucap bismillah aku ikut ODOP, selama 3 hari ini kegiatanku sama saja. Mulai dari pagi, sholat subuh kemudian menyiapkan sarapan dengan seribu tangan yang siap 'nyambi'. Tangan satunya masak, seraya mencuci baju, dan lain-lain. Kemudian memandikan anak, lalu siap ke sekolah. Sampai di sekolah, tidak bisa buka blog, tak bisa pula menemukan ide tulisan.


Pulang sekolah sampai rumah pukul 16.00 waktunya bermain dengan anak, masak, mandiin anak lagi sampai magrib tiba. Kegiatan ba'da magrib sampai isya' pun banyak. Sampailah saatnya ninabooin anak. Setelah anak terlelap, otak mulai bagi tugas. Dari menyiapkan seragam suami, mwnyiapkan masakab esok hari dan tugas dadakan lainnya.

Baru setelah selesai semua, ide menulispun muncul. Langsung saja tulisan kubuat, mengalir dengan sendirinya. Selesai buat langsung di post, kemudian segera setor link. Ini biasanya kukerjakan di pukul 22.00-23.00. Maa shaa Allah. Alhamdulillah Allah masih beri kekuatan lanjut NgOdop sampai hari ketiga. Smoga aku dan teman lainnya bisa lulus dari kelas ODOP ini. Aamiin

No comments:

Post a Comment

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...