Thursday 12 September 2019

Ice Breaking Mi Chi Kai Seru dan Asyik

Assalamualaikum wr wb smart ladies. Hari ini ngodop hari ke empat. Dimana aku mulai agak buntu dengan ide. Setelah seharian berfikir, akhirnya dapatlah ide. Kali ini aku mau berbagi tentang cara membangkitkan semangat anak-anak belajar di kelas.

Hari ini, cuaca begitu panas. Aku  ada jam mengajar pukul 13.30-15.45. Saat aku mulai memasuki kelas, terlihat wajah kusam anak-anak. Setelah kubaca raut wajah mereka, aku menyadari mereka sangat penat, lelah, serta sudah terkuras habis energinya untuk belajar.


"baik anak-anak, hari ini kita mulai pelajaran matematika dengan bermain terlebih dahulu" ucapku kepada mereka.

Sorak sorai suara mereka memenuhi seisi ruangan.

Aku mulai memberi aba-aba serta menjelaskan tata cara permainan yang akan dimainkan.

Namanya game mi chi kai. Tata cara permainannya adalah:
1. Guru meminta siswa berdiri melingkar.
2. Guru berdiri diantara para siswa.
3. Guru memberikan contoh gerakan. Dalam permainan mi chi kai, guru membuat 4 gerakan. Pertama tangan kanan mengepal, tangan kiri terbuka lalu kepalan dipukulkan ke tangan kiri. Kedua tangan kanan memegang siku. Ketiga memegang kepala. Keempat memegang leher.
4. Permainannya, saat guru mengucap mi chi kai maka guru dan seluruh siswa melakukan salah satu dari empat gerakan yang dicontohkan.
5. Siswa yang gerakannya sama dengan guru maka gugur dari permainan dan dipersilahkan duduk.
6. Lakukan berupang sampai sisa siswa tinggal 2 orang. Adu keduanya sampai ditemukan seorang pemenang.

Permainan ini akan menimbulkan gelak tawa serta keriuhan suasana kelas. Namun, dengan begitu kelas bisa kembali hidup. Dan siswa bisa dikondisikan untuk mulai mengikuti pelajaran.


Bagi kamu yang seorang guru, semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar untuk perbaikan penulisan selanjutnya.

1 comment:

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...