Monday 7 October 2019

Rayakan Ulangtahun Berujung Maut

Sejatinya ulang tahun adalah berkurangnya berbagai kenikmatan yang kita peroleh dan semakin dekatnya kita dengan kematian, tapi beberapa orang justru merayakannya dengan pesta meriah. Tak jarang anak usia SD, SMP, SMA bahkan para mahasiswa membuat prank yang membahayakan.

Seperti yang tengah viral, dua mahasiswa UIN meninggal di embung ketika rayakan ulangtahun. Ada lagi kebiasaan ngerjain temannya yang sedang ulang tahun dengan mengikatnya, menyiramnya bahkan parahnya lagi dilempari dengan telur busuk. Sampai, sempat ada yang viral juga bahwa ada seorang siswa yang sedang dikerjain dengan diceplokin telur busuk, alhasil telur busuk tersebut mengenai matanya sehingga mengalami kebutaan. Hal ini dikarenakan bakteri telur busuk masuk ke kornea mata, sehingga kornea tak lagi bekerja.

Tak perlu merayakan ulangtahun dengan kegiatan yang unfaedah. Sikap yang seharusnya dilakukan saat ulang tahun adalah bersikap muhasabah atau introspeksi diri.

Jadikanlah hari ulang tahun sebagai hari untuk merenungi segala kesalahan atau dosa besar  yang pernah kita buat setahun atau beberapa tahun yang lalu. Sebagaimana firman Allah SWT: “

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Q.S. Al Ashr: 1-3)

Harapannya, setelah banyak kejadian yang tidak diinginkan. Semakin banyak dari kita yang belajar dari kesalahan. Serta mengambil hikmah dari setiap kejadian.

No comments:

Post a Comment

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...