Tuesday 8 October 2019

Bedah Tulisan

Bagaimana perasaanmu, jika tulisan yang kamu buat dibaca oranglain? Apalagi sampai meninggalkan jejak di kolom komentar? Pasti bahagia kan?
Begitu juga dengan aku. Dulu sekali, awal membuat blog kok komentar, disinggahi orang pun tidak.

Tapi, semenjak ikut ODOP maa syaa Allah, beberapa tulisanku sempat dibaca oleh teman-teman. Tak jarang mereka meninggalkan jejak komentar. Selalu yang kutunggu-tunggu krisan nya alias kritik dan saran dari teman-teman.

Tapi apa daya, entah mereka tak mau menyakitiku dengan komentarnya atau enggan berkomentar saja. Kebanyakan komemtarnya 'tulisannya bagus', 'keren', dan masih banyak yang lainnya. Meskipun ada beberapa yang memberi masukan.

Sampai suatu hari aku mendapat giliran untuk dibedah tulisaanya. Senang bukan main, rasanya semua judul ingin kuberikan di grup agar mendapat krisan semua. Namun apa daya, aku hanya boleh memberikan satu link tulisan.

Beberapa hari lalu, kami mendapat materi tentang puisi. Meski sejak dulu aku tak pandai merangkai kata untuk menjadi sebuah puisi, namun aku ingin mencoba. Mencoba membuat puisi berjudul 'Untukmu Imamku'. Alhamdulillah baru tiga komentar namun aku sudah sangat suka.  Beberapa komentar tersebut antara lain,

"dien seharusnya huruf besar" ujar Mbak Linda.

"Aku bingung mau kritik puisi, cuma ya secara awam dibacanya kurang enak, nge gijlug (apa ya bahasa Indonesianya?)" kata Mbak Maftuha.

Nah, aku suka nih sama Mbak Maftuha. Jujur banget. Tapi Mbk Linda tak kalah keren, karena aku diberi kalimat contohnya langsung,

"Maksud mbak nya mungkin diksinya di perkaya lagi. Cari di online kata kata klasik seperti kata mas fadhil lalu di kait kaitkan. Misalnya",

Seismograf iman menandakan getaran yang tak biasa
Menginjaki usia yang semakin merana
Seperti wanita biasa
Inginku punya imam yang membawaku ke surgaNya

Sukanya di ODOP tuh kita dapat banyak materi, belajar dan terus belajar.

Baiklah, terimakasih untuk kakak-kakak, dan semua teman untuk dukungannya. Harapannya aku bisa lebih meningkatkan minat baca agar kosakata yang kumiliki banyak.


5 comments:

  1. Iya bedah tulisan memang bermanfaat banget, tapi aq sering bingung mau komen apa

    ReplyDelete
  2. Semangat.. kita blajar bareng^^

    ReplyDelete
  3. Suka dengan salah satu program ODOP yang ini :)

    ReplyDelete
  4. Semangat kakak...
    Ayo belajar bareng..

    ReplyDelete
  5. Dibedah demi kebaikan ya mbak, hehehe. Semangat terus..

    ReplyDelete

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...