Saturday 7 December 2019

Jawaban Ulangan Bikin Guru Terharu

Ulangan akhir semester biasanya adalah moment yang paling mendebarkan. Selain orangtua, gurupun ikut merasakan kegelisahan yang luar biasa. 

Berbagai pertanyaan timbul dalam benak sang guru. 
"Bisakah anak-anak menjawab soal yang ada? "
"Susahkah soal yang ada?"
"Belajar nggak ya anak-anak di rumah?"

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul.  

Bagi siswa,  Penilaian Akhir Semester juga moment yang terpenting dan mendebarkan karena menentukan nilai rapornya kelak.  Namun,  ternyata tak semua siswa menganggap penting Penilaian Akhir Semester.  Ada pula sebagian siswa yang justru menjawab asal - asalan bahkan untuk essay ada pula yang tak menjawabnya.  

Seperti halnya saat ini,  Penilaian Akhir Semester telah usai.  Aku sebagai guru matematika mulai mengoreksi lembar demi lembar jawaban siswaku. 

Mataku tertuju pada satu jawaban.  Jawaban yang begitu unik menurutku.  
Meski ada beberapa jawaban yang membuatku tersipu malu,  namun satu jawaban anak ini membuatku tertegun.  

"Maaf Bu,  sebenarnya aku bisa tapi aku lupa caranya masalahnya aku tu pinternya buka di pelajaran apapun,  aku pinternya di pelajaran olahraga,  maaf ya bu".

Maa syaa Allah,  jawaban yang luar biasa.  Padahal soalnya hanya diminta menentukan luas dan keliling sebuah lingkaran.  

Tak mau kalah,  jawaban dari siswa tersebut pun aku balas.  
"Terimakasih atas kejujurannya.  Kembangkan bakatmu nak,  Bu Eka mendukungmu selalu asal untuk kebaikanmu. Yang terpenting libatkan Allah dalam setiap aktivitasmu. Pelajaran apapun yang tak kau fahami,  Berusahalah.  Berusaha dan berdoa tentunya.  Jika sudah berusaha,  namun hasil tak maksimal,  syukurilah anugrah Allah.  Semoga kelak kau jadi atlet ternama yang dapat mengharumkan Indonesia".





No comments:

Post a Comment

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...