Monday 22 April 2019

Trik Jitu Sukses USBN Matematika

Assalamu'alaikum smart ladies, beratkah mendampingi anak jelang USBN? Matematika masih menjadi momok pada sang buah hati?
Berikut saya paparkan jurus ampuh agar anak mudah mengerjakan USBN Matematika selezat makan coklat.

Saya akan jelaskan trik ini dari sudut pandang guru.
Tentunya menjadi guru itu luar biasa. Anak-anak selalu menganggap guru sebagai malaikat tanpa cacat, selalu benar dimata mereka. Bahkan sebagian besar anak-anak lebih percaya kepada guru daripada orangtuanya sendiri.


Smart ladies sudah update kan bahwa USBN sekarang ada esay nya. Hal ini menambah  phobia pada diri anak didik kita. 

Trik agar anak-anak sukses USBN Matematika sebagai berikut:

đź’“Diawal kita menjadi guru matematika, jalin komunikasi dengan wali murid terkait perkembangan anak-anak di sekolah.

đź’“Setelah komunikasi terjalin dengan baik, mulai tanamkan kepada anak bahwa proses lebih penting dari sebuah hasil. Hasil bisa saja salah, tapi prosesnya dijamin benar asal kita faham. Oleh karena itu, biasakan pada anak didik untuk selalu menulis diketahui dan ditanya pada setiap soal matematika.


đź’“Adakan post test untuk mengukur kemampuan anak didik kita, nantinya hasil post test akan kita kelompokkan menjadi kelompok belajar yang menghawatirkan, sedang-sedang, atau yang ada di titik aman.

đź’“Tentukan beberapa anak untuk menjadi asisten kita, tentunya kita juga harus memakai metode belajar "teman sebaya"


đź’“Biasakan anak untuk mengerjakan soal, jangan ragu untuk memberi PR atau tugas. Dari tahun ke tahun, tipe soal untuk USBN sama saja. Semakin sering anak-anak berlatih, maka semakin terbiasa juga mereka menghadapi soal‐soal. Seperti pepatah "bisa karena biasa, maka biasakanlah"


đź’“Fokus pada kalimat "aku pasti bisa". Untuk membantu berhasilnya mewujudkan kalimat ini, tentu sebagai guru kita harus mengajak kerjasama walimurid agak anak-anak dijauhkan dari TV maupun HP saat menjelang USBN. Ketika memang anak-anak butuh hiburan, berikanlah saran kepada walimurid untuk mengajak anak-anak liburan di alam bebas, bukan dengan memberikan HP.


Ok smart ladies, itulah beberapa trik agar USBN berjalan lancar, dan in shaa Allah sukses dengan nilai maksimal.
Tentunya jangan lupa "ketuk pintu langitnya Allah" dengan berdoa serta meminta restu orang tua. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...