Sunday 17 April 2016

Ini Tentang Sinergi Antara Kita

Setelah saya membaca buku Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor oleh Darmansyah, S. T., M. Pd. Didalamnya banyak sekali mengupas berbagai strategi dalam mendidik anak.
mata saya tertuju pada sebuah kalimat "Semangat belajar muncul ketika suasana begitu menyenangkan dan belajar akan efektif bila seseorang dalam keadaan gembira dalam belajar (Dryden & Vos, dalam Darmansyah)

Berulang-ulang kubaca kalimat tersebut, lantas aku berfikir.
"WAW.......amazing.....luar biasa, benar juga. disaat hati peserta didik merasa senang, bahagia, nyaman didukung dengan suasana hati pendidik yang juga tengah merasa gembira dan ikhlas untuk menyalurkan ilmunya, bukan hal yang mustahil pembelajaran akan berlangsung begitu efektif"

Pertanyaan yang timbul dalam benak saya adalah bagaimana caranya?
Ya....bagaimana,,,, bagaimana menciptakan suasana seperti itu?
Pada kenyataanya, pendidik tidak tahu apa yang telah terjadi di rumah sebelum peserta didik berangkat sekolah. Apakah peserta didik berangkat sekolah dalam keadaan bahagia? atau sedih? atau mungkin dia berangkat sekolah dalam keadaan tertekan?
Tertekan karena uang saku mungkin. Tertekan karna membawa bekal dengan lauk yang tidak diminati. Atau bisa jadi, ia tertekan karena sebelum ke sekolah, dirumah sudah dimarah-marah sama orang tua.

Jika memang demikian keadaanya, bagaimana peserta didik akan nyaman belajar di sekolah? bagaimana akan efektif untuk belajar.

Kemungkinan selanjutnya yang mungkin bisa saja terjadi adalah pendidik yang acuh-tak acuh. Pendidik yang dalam hatinya belum mempunyai setitik rasa ikhlas untuk menyalurkan ilmunya, atau malah pendidik yang sedang banyak masalah lalu masalah tersebut dibawa sampai sekolah. Wah, ini yang bahaya. 

Saya rasa, teori Dryden & Vos akan terlaksana jika antara peserta didik dan pendidik sama-sama dalam keadaan bahagia.
Keren juga yah, bahagia.
Menjadi seorang pendidik ya harus ikhlas. Tetap tersenyum manis didepan peserta didik padahal sedang dirundung masalah.
Sebaiknya juga, sebelum berangkat ke sekolah orang tua menjaga suasana hati sang buah hati sehingga dia akan merasa nyaman untuk belajar. In syaa Allah jika antara peserta didik, orang tua, dan pendidik saling bekerja sama untuk senantiasa menjaga suasana hati sehingga Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung efektif.

Eka Adinia, S.Pd

1 comment:

  1. Keren suka nih Bu tulisannya...
    Saya rasanya sepwsep dicubit baca tulisan Bu Eka. Kadang suka ngomel kalau pagi huhuhu mulutnya lebar padahal lebih baik badannya yg lebar ya.
    Biasalah emak rempong, besok dikunci mulutnya aah biar mbak Rahma dan Ade sekolah bahagia.

    ReplyDelete

RASUL PENYANYANG (By Afif)

Sumber : Muhammad Teladanku   (Tugas menceritakan kembali isi bacaan teks non fiksi) T eman-teman Rasulullah S.A.W sangat tidak menyukai ...